Rabu, 13 Juni 2012

Masalah kepemilikan domain pendaftaran Adsense Google

Yah sesuai dengan judul yang saya buat, saya akan berbagi pengalaman mengenai pendaftaran google adsense. Jujur saya udah berkali-kali ditolak oleh bang Google. Tapi saya gak akan putus asa, dan akan selalu berjuang, sampai titik darah penghabisan hehehe...... xD

Nah, pengalaman saya kali ini. Ketika saya kirim kembali form pendaftaran bang google. Selang beberapa hari saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa web saya terkendala dengan kepemilikan domain. Kira-kira isi suratnya seperti ini

masalah kepemilikan domain


Lah saya tuh bingung harus ngapain, secara saya kurang paham banget.???!!! Setelah saya bertanya kesana kemari akhirnya ketemu juga solusinya. Yaitu setting Nama Server, Record A dan CName
saya kutip dari situs resminya
pengaturan Nama Server
diubah menjadi


  • ns1.googleghs.com
  • ns2.googleghs.com
  • ns3.googleghs.com
  • ns4.googleghs.com
Dan untuk merubah Record A dan CNAME nya ikuti langkah seperti dibawah ini

Nama Inang/AliasJenis RekamNilai/Tujuan
wwwCNAME (alias)pub-xxxxxxxxx.afd.ghs.google.com.(dengan pub-xxxxxxxxx adalah nomor unik Anda di laman persiapan AdSense)

Selanjutnya, buat rekam A berikut untuk domain di pencatatan domain:

Nama Inang/AliasJenis RekamNilai/Tujuan
@A (alamat)216.239.32.21
@A (alamat)216.239.34.21
@A (alamat)216.239.36.21
@A (alamat)216.239.38.21
Nah untuk pub-xxxxxxxxx.afd.ghs.google.com 
Ganti dengan nomor publikasi anda yang telah bang Google kirim lewat email

Untuk hasilnya seperti ini kebetulan disini saya menggunakan jasa rumahweb.com

setting domain cname, record A

Setelah itu Simpan pengaturan deh. Semoga berhasil xD
dan semoga bermanfaat. Terima Kasih, Arigato gozaimazu :D


4 komentar:

  1. jadi blog yang didaftarkan gugel adsen harus berdomain .com ya? terus email juga harus gmail? klo yahoo gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga mesti [dot]com tapi kebanyakan saya rekomendasikan pake Top Domain Level(TDL) kaya .com .net .org .web.id dan lain-lain yang termasuk kedalam TDL tadi.

      Kalo yahoo?? Kurang paham eh belum nyoba. Coba aja. Hehehehe.... :D

      Hapus
    2. Bukan TDL tapi TLD (Top Level Domain). Harus Gmail.com, karena setelah Kita diterima aplikasinya oleh Tim Google Adsense maka account GA sama saja dengan account Google. Yang didalamnya dapat mengakses semua fasilitas google dalam satu akun, seperti blogger, gmail, google analitics, google webmaster, google plus, dan masih banyak lagi. Semoga membantu Gan.

      Hapus
  2. Brow..emang tidak ada masalah dengan akses domainnya kalau servernya diganti dengan server ns google itu..? Ane sih ngobrol sama supportnya IDWebhost, katanya domain nya gak bisa diakses...??? Mohon pencerahannya Brader...?? Thanks

    BalasHapus